Daftar Blog Saya

Senin, 15 Oktober 2012

Cermati Mitos atau Fakta Dalam Memudahkan Proses Persalinan (mitos atau fakta)




Mama, banyak sekali mitos yang berkembang seputar persalinan. Agar tidak salah dalam menyikapinya, mari kita simak bahasan mitos atau fakta berikut.


MINUM MINYAK KELAPA MEMUDAHKAN PERSALINAN

Minyak kelapa, memang konotasinya bikin lancar dan licin, namun dalam dunia kedokteran, minyak tak ada gunanya sama sekali dalam melancarkan persalinan. Mungkin secara psikologis, calon mama meyakini, dengan minum dua sendok minyak kelapa dapat memperlancar persalinannya. Jika itu demi ketenangan psikologisnya, maka diperbolehkan, karena minyak kelapa bukan racun yang dapat membahayakan kehamilan.

MINUM RENDAMAN AIR RUMPUT FATIMAH AKAN MERANGSANG MULAS

Memang, Rumput Fatimah bisa membuat mulas pada ibu hamil, tapi apa isi kandungan dan takarannya belum diteliti secara medis. Rumput Fatimah atau biasa disebut Labisia Pumila ini, berdasarkan kajian atas obat-obatan tradisional di Sabah, Malaysia, tahun 1998, dikatakan mengandung hormon Oksitosin yang dapat membantu menimbulkan kontraksi. Jadi, konsultasikan dulu ke dokter sebelum meminumnya karena rumput ini hanya boleh diminum bila pembukaannya sudah mencapai 3-5 cm, letak kepala bayi sudah masuk panggul, mulut rahim sudah lembek atau tipis, dan posisi ubun-ubun kecilnya normal. Jika letak ari-ari di bawah atau bayinya sungsang, rumput ini tidak boleh diminum karena sangat berbahaya. Terlebih jika pembukaannya belum ada, tapi calon mama justru dirangsang mulas menggunakan rumput ini, bisa menyebabkan janin naik dan membuat Mama sesak nafas, hingga akhirnya dilakukan operasi.

MAKAN DAUN KEMANGI MEMBUAT ARI-ARI LENGKET

Sebenarnya yang membuat lengket ari-ari bukan daun Kemangi, melainkan calon Mama yang pernah mengalami dua kali kuret atau punya banyak anak. Ari-ari lengket bisa berakibat fatal karena kandungan harus diangkat. Calon mama yang pernah mengalami kuret sebaiknya melakukan persalinan di rumah sakit dengan bantuan dokter berpengalaman guna mengantisipasi terjadinya hal yang membahayakan.

BERHUBUNGAN INTIM DENGAN SUAMI JIKA INGIN SEGERA BERSALIN

Mitos itu ada benarnya juga sebab hormon Prostaglandin yang ada di cairan semen (cairan yang dikeluarkan pria ketika ejakulasi), dapat menimbulkan kontraksi rahim dan melembutkan leher rahim. Dengan demikian, proses persalinan mungkin saja terjadi lebih cepat. Selain itu, orgasme juga bisa memicu timbulnya kontraksi rahim. Tapi, kalau memang belum waktunya melahirkan, berhubungan intim beberapa kali pun tak akan membuat calon Mama segera melahirkan.

MAKANAN PEDAS MERANGSANG IBU HAMIL TUA CEPAT BERSALIN

Sebenarnya, calon Mama yang sedang hamil tidak punya pantangan makanan tertentu. Tapi, ada makanan yang sebaiknya dihindari, seperti makanan yang berasal dari keju yang sangat lunak atau makanan mentah. Makanan-makanan ini dikhawatirkan cepat busuk, sehingga mengandung bakteri yang disebut Lysteria. Bakteri inilah yang sering dihubungkan dengan kemungkinan penyebab keguguran atau persalinan dini.

POSISI MENGEPEL LANTAI TRADISIONAL MEMPERCEPAT PROSES BERSALIN

Bila kandungan sudah cukup bulan, seorang calon Mama justru disarankan banyak melakukan aktivitas untuk dapat melancarkan persalinan. Bahkan gerakan seperti ‘nungging’ saat mengepel atau banyak berjalan kaki adalah pilihan kegiatan yang bisa dipertimbangkan.

Selamat berjuang bagi calon Mama yang sedang menunggu proses persalinan, semoga dapat dilalui dengan lancar, serta calon Mama dan calon buah hati sehat..

sumber

Tidak ada komentar: