Daftar Blog Saya

Senin, 03 Juni 2013

Ternyata, Warna Kamar Pengaruhi Lamanya Tidur

May 24, 2013
 

Sebelumnya Anda telah mengetahui pilihan-pilihan warna yang sebaiknya digunakan di kamar tidur. Hasil studi yang dilansir dailymail.co.uk menunjukkan bahwa warna dinding kamar juga memengaruhi lamanya waktu tidur.


Warna biru menduduki peringkat pertama.  Menurut survei tersebut, biru dapat membuat Anda tidur malam selama hampir delapan jam.

Selain itu, biru juga memberikan perasaan bahagia dan optimis saat bangun tidur. Manfaat lain dari warna lembut ini adalah dapat memberikan kesan tenang dan nyaman. Dari sisi kesehatan, warna biru bahkan dapat mengurangi tekanan darah dan memperlambat denyut jantung.

Studi yang dilakukan oleh Travelodge—sebuah jaringan hotel internasional—juga menemukan, bahwa pengaplikasian warna hijau atau kuning pada sebuah kamar menjadi favorit, dengan waktu istirahat rata-rata mencapai 7 jam 40 menit.

Chris Idzikowski, Spesialis Studi Tidur dari Edinburgh Sleep Centre mengatakan, ada sel penerima di mata kita yang bernama ganglion. Sel ini paling sensitif terhadap warna biru.

“Reseptor atau penerima ini berpengaruh terhadap suasana hati dan performa kita sehari-hari. Sehingga kualitas yang didapat saat tidur sangat berpengaruh,” kata Chris.

Warna dan Lama Waktu TidurBiru (7 jam 52 menit)
Kuning (7 jam 40 menit)
Hijau (7 jam 36 menit)
Perak (7 jam 33 menit)
Oranye (7 jam 28 menit)
Merah (6 jam 58 menit)
Emas (6 jam 43 menit)
Abu-abu (6 jam 12 menit)
Cokelat (6 jam 5 menit)
Ungu (5 jam 56 menit)

Im Suryaniimsuryani@rumah.com
Foto: Anto Erawan

sumber

Tidak ada komentar: