Daftar Blog Saya

Jumat, 14 Juni 2013

Cara Mudah Tangkal Bau-bauan di Rumah

Jun 5, 2013

Seringkali sebuah rumah tidak aman dari ancaman bau-bau tak sedap dari lingkungan sekitar. Terkadang bau tak sedap datang dari tempat sampah, dan tidak jarang pula rumah yang baru dicat menguarkan bau tajam. Selain itu, dapur juga sering menjadi sumber bau-bauan seperti bau ikan yang amis.


Tempat sampah memang tidak ada yang berbau wangi. Bau tak sedap terkadang menguar dari tumpukan tempat sampah. Bau itu kemungkinan berasal dari proses pembusukan sampah organik.

Tetapi berbagai bau tak sedap itu dapat dikurangi atau dinetralisir dengan beberapa bahan dan cairan. Untuk Anda, Rumah.com merangkumnya dari berbagai sumber.

Soda Kue
Teteskan soda kue pada dasar tempat sampah yang telah dibersihkan, kemudian pada kantong plastik sampah baru yang akan digunakan. Selain itu, boraks juga dapat menetralisir bau tak sedap di tempat sampah. Caranya adalah dengan menaburkan boraks di dasar tempat sampah.

EM4Secara berkala, semprotkan cairan yang mengandung EM4 (effective microorganisme) pada tempat sampah. Cairan ini banyak tersedia di pasaran dengan harga terjangkau. Bakteri EM4 merupakan bakteri bermanfaat yang dapat mengatasi bakteri pembusuk dan dapat menetralisir bau tak sedap. Cairan ini banyak dipakai untuk membuat pupuk kompos.

Cuka DapurSifat asam cuka dapur mampu mentralisir bau cat yang tajam. Cukup tuangkan cuka secukupnya pada mangkok penadah dan letakkan di tengah ruangan yang dicat.

GaramCampurkan satu gelas air yang dicampur dengan dua sendok makan garam. Letakkan di pojok ruangan yang berbau cat.

Kayu ManisAroma kayu manis dapat menangkal bau tak sedap di dapur. Caranya, sebarkan bubuk kayu manis pada tatakan kompor di sekitar api. Selain itu, bisa juga serbuk kayu manis disangrai sampai gosong sehingga mengeluarkan bau harum kayu manis yang menyegarkan.

Air Jeruk LemonAroma jeruk lemon juga bisa menangkal bau tak sedap di dapur. Peras satu buah jeruk lemon, campur dengan satu gelas air dan beberapa cengkeh. Rebus selama 20 menit. Dan cairan penangkal bau tak sedap di dapur pun bisa langung digunakan.

Selamat mencoba!

Im Suryaniimsuryani@rumah.com
Foto: Anto Erawan

sumber

Tidak ada komentar: